Minggu, 05 April 2015

Kenali Gejala Kista Sejak Dini

Kenali Gejala Kista Sejak Dini-Tahukah anda dengan penyakit kista?Penyakit kista menyerang organ reproduksi wanita,seseorang yang telah didiagnosis mempunyai kista pada umumnya adalah wanita yang berusia sekitar 20-30 tahun dan tidak menutup kemungkinan bisa menyerang pada usia berapa saja,dan untuk itu agar kita dapat mengetahui sejak dini tentang kista tersebut,anda harus bisa mendeteksi dan mengenali sejak dini tentang gejala penyakit kista.

Biasanya perempuan yang mempunyai kista memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami hal yang serupa pula. 

Diantara gejala-gejala penyakit kista ini adalah:

-Menstruasi yang tidak teratur,abnormal,dan siklusnya terlalu dekat.

-Terdapat masa absen,terjadi setelah satu atau lebih masa menstruasi.

-Lebih sering ingin buang air besar atau kecil.

-Timbul banyaknya jerawat yang parah dan sangat mengganngu.

-Penyusutan ukuran payudara.

-Mengalami perkembangan pada karakteristik lelaki.
 tumbuh rambut pada sekujur tubuh dan wajah,suara berubah menjadi keras serta ukuran cilitorus   membesar.

-Diabetes.

-Mandul atau tidak bisa mempunyai keturunan.

-Mengalami kegemukan.

Pada umumnya keberadaan kista tidak di sadari oleh penderitanya dan akan menghilang sebelum seseorang mengetahui adanya kista tersebut.Meski demikian beberapa wanita mengeluhkan adanya rasa nyeri di daerah perut di bagian bawah.Rasa nyeri tersebut dapat timbul jika kista mengalami ruptur pecah.Hal ini dikarenakan pembesaran kista dan peregangan jaringan di sekitarnya,pendarahan di dalam kista,atau  karena terpuntirnya kista yang mengganggu pembuluh darah disekitarnya.Kista berukuran besar dapat menimbulkan penekanan atau pergeseran yang akan mempengaruhi organ lain yang ada di sekitarnya.

Kista sendiri berbentuk benjolan yang isinya cairan yang lokasinya ada di indung telur.Penyakit kista adalah termasuk dari tumor jinak,dan penanganannya tidak perlu operasi besar.

Kista dengan memperhatikan keganasannya kista di bagi menjadi dua jenis,yaitu:

-Kista non-neoplastik,yaitu kista yang memiliki sifat jinak dan akan dengan sendirinya mengempes dalam waktu 2-3 bulan.

-Kista neoplastik,yaitu kista yang harus di angkat melalui operasi akan tetapi hal tersebut bergantung pada sifat dan ukurannya.

Kista tidak hanya tumbuh berkembang di tubuh dan indung telur atau ovarium wanita saja,akan tetapi bisa juga tumbuh di otak,usus,dan paru-paru.

Salah satu penyebab dari kista adalah debu dan polusi udara dapat menyebabkan penyakit kista.Hal ini dikarenakan dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas dari kendaraan bermotor juga bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehinngga kista menjadi lebih mudah berkembang.Selain faktor lingkungan,makananpun turut andil dalam perkembangan kista.

Zat-zat lemak tidak mampu dipecah dalam proses metabolisme.Makanan yang berlemak dapat mengakibatkan hormon testosteron menjadi meningkat pada wanita.Apabila kadar hormon testosteron meningkat maka hormon ini akan pecah dan menjadi sumber hormon yang tidak normal bagi hormon estrogen asing.Karena tertutup oleh hormon  lain yang tidak normal,maka hormon estrogen di dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik.Hal ini bisa memudahkan tumbuhnya kista.(sehatfresh.com).

Ok sobat Share Info di atas adalah ulasan tentang Cara Kita Untuk Bisa Mengenali Gejala Kista sejak Dini agar penyakit tersebut bisa di tangani lebih cepat dan intensif ,bisa teratasi sebelum terlanjur.Dan Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi sobat pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar