Minggu, 05 April 2015

Cara Merawat Burung Trucukan Agar Rajin Ropel

Sobat Oll-Info yang gemar dengan kicau burung trucukan yang mempunyai ropelan panjang, tentunya akan melakukan segala cara agar burung yang di pelihara rajin membunyikan suara khas ropelannya, hari ini kami akan membahas tentang "Cara Merawat Burung Trucukan Agar Rajin Ropel" yang sudah di uji keberhasilannya oleh kang arie yang sudah berpengalaman bertahun-tahun merawat segala jenis burung kicau. Menuruu sumber yang kami temui (kang arie) agar mempunyai hasil yang maksimal, anda harus mempunyai kualitas burung yang bagus yang bisa di pelajari disini.

Menurut kang arie agar burung mau mengeluarkan suara ropelan yang merdu adalah hal yang sulit-sulit gampang, semua di butuhkan proses dan ketekunan dari sang pemilik hewan. Cara merawat dengan penuh kasih sayang adalah salah satu kunci utama yang wajib di miliki untuk menuai keberhasilan anda.

Seperti kita ketahui, trucukan atau trocok biasa hidup berdampingan dengan manusia dan hal ini membuat jenis burung ini mempunyai tingkat adaptasi yang sangat tinggi yang tidak mudah stres. tetapi tidak jarang juga di temukan kondisi burung yang tidak mau berkicau karena setres tidak di rawat dengan baik oleh sang pemilik, hal ini tentunya akan menjadi pemandangan yang sangat menjengkelkan bagi sebagian penggemar kicau burung. Jadi sebelum anda membeli hewan peliharaan jenis apapun itu, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu cara merawat dan makanan yang biasa di konsumsi hewan yang akan anda adopsi sebagai peliharaan.

Di alam liar burung trucukan biasa memakan buah-buahan segar seperti mangga, pisang, pepaya, kresen dan serangga. Lalu bagaimana makanan yang harus di sediakan ketika anda menangkar burung trusukan tersebut agar tetap bunyi ropel panjang dan garuda?

Berikut ini tips dan syarat dari kang arie yang sudah berpengalaman dalam hal burung kicau:

  • Syarat yang pertama adalah trucukan harus sudah dalam kondisi tenang dan jinak, bagi anda yang suka membeli bahan bakalan muda hutan (burung jaringan) sebaiknya anda mempunyai krodong untuk menjinakkannya terlebih dahulu.
  • Berilah makanan buah-buahan segar yang di suka oleh burung peliharaan anda ( setip burung mempunyai buah favorit tersendiri) dan jangan lupa sediakan makanan pendamping Pur yang mempunyai kualitas baik, hal ini di masutkan agar hewan terbiasa dengan makananan olahan yang mempunyai kualitas gizi dan protein tinggi untuk meningkatkan kebugaran dan stamina.
  • Pada saat pagi hari sekitar jam 5 embunkan burung trucukan di tempat yang terbuka. Hal ini di maksutkan agar burung merasa bahwa dirinya berada di alam liar, hal ini juga bisa di jadikan obat bagi trucukan yang setres.
  • mandikan trucukan dengan cara di semprot sampai bulu burung benar-benar basah pada jam 8 pagi sampai jam 10, hal ini di maksutkan agar burung selalu sehat terkena sinar matahari pagi.
  • setelah penjemuran selesai, angin-anginkan burung di teras dan usahakan tidak terlalu tinggi, pada saat di angin-anginkan berikan jangkrik 2 biji.
  • usahakan pada malam hari burung di krodong agar bisa tidur nyenyak dan tidak di gigit nyamuk.
Itulah trick yang selalu di gunakan oleh kang arie ketika merawat burung trucukannya yang tiap hari mengeluarkan bunyi ropelannya yang panjang seperti burung cucak rowo. Sedikit info dari kang arie bahwa saat ini trucukan yang di milikinya sudah di tawar dengan harga 1000.000 oleh prandono tetapi belum di berikan.
Baca ulasan selanjutnya di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar