Rabu, 29 April 2015

Cara Mudah Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker

Oll-info-Cara Mudah Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker- Kanker adalah suatu penyakit yang sangat mengerikan,begitu anda mendengar kata kanker yang terbayang adalah kematian,umur yang pendek,penderitaan yang panjang,uang dan harta akan terkuras habis.

Kalau memang menakutkan,apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya?Dan bagaimana cara pencegahannya?

Simak selengkapnya oleh dr.Dewi Ema Anindia dari klikdokter.com di sini.

Cara mencegah Kanker Adalah:

1.Hentikan Kebiasaan Merokok

Resiko terkena kanker paru-paru meningkat 23kali lipat pada laki-laki dan 13 kali pada wanita.
Tembakau meningkatkan resiko terkena kanker mulut,bibir,pankreas,pita suara,cerviks,kandung kemih dan ginjal.

Terbukti bahwa apabila seorang perokok menghentikan kebiasaan merokok dalam waktu sehari maka resiko terkena kanker dapat hilang.

2.Kurangi Paparan Sinar Matahari

Bila anda berkulit putih,pada saat terkena sinar matahari maka akan mudah terbakar dan itu menunjukkan bahwa kandungan melanine di kulit anda sedikit.

Kulit terbakar ini dapat menyebabkan terkena kanker kulit jenis melanoma.

Beberapa tips agar terhindar dari paparan sinar matahari:

-hindari keluar paparan sinar matahari pada pukul 10.00-15.00
-gunakan baju untuk menutup bagian yang langsung terkena sinar matahari
-gunakan kacamata hitam
-gunakan krim tabir suryadengan SPF 15 atau lebih

3.Kurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan resiko kerusakan hati.Alkohol akan menyebabkan resiko kanker dengan membantu memasukkan zat-zat kanker ke dalam sel dan merusaknya.

Awalnya alkohol mencetuskan kondisi fatty liver{perlemakan pada hati},dan apabila tidak ditangani akan menyababkan kanker hati.Alcoholic Liver Disease atau penyakit hati yang di sebabkan oleh alkohol{ALD}.

15 juta orang di Amerika mengkansumsi alkohol secara berlebihan dan 90 persen-100 persen muncul penyakit ALD.

Fatty Liber dapat muncul setelah mengkonsumsi alkohol secara berlebihan maupun sedang.Kelainan tersebut dapat terjadi karena alkohol dalam konsumsi yang berat dan dalam waktu yang singkat {Acute Alkoholic Liver Disease}.Faktor genetik juga berperan dalam penyakit ini.
Beberapa kondisi yang mempengaruhi penyakit ini adalah hepatitis C,konsumsi zat besi yang tinggi,obesitas dan diet.

4.Tidur Yang Cukup

Sebagaimana yang telah dilansir dari WebMD,orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam menunjukkan peningkatan terkena resiko kanker sebanyak 50 persen terutama pada daerah usus.

Tidur yang ideal adalah 7 sampai 8 jam sehari tergantung dari kondisi tubuh anda.

5.Ingat Tentang HPV

Virus HPV {Human Papilloma Virus}merupakan paling sering kasus penyakit di anus,vagina,dan penis.Oleh karena itu pentingnya mencegah dengan sudah adanya vaksin untuk HPV.

HPV atau Human Papilloma Virus merupakan penyakit yang sering terjadi karena hubungan seksual.Terdapat sekitar 40 tipe HPV dan ditularkan melalui kontak seksual.Orang yang terinfeksi HPV biasanya tidak memperlihatkan gejala terkena HPV,namun merupakan penyebab dari kanker cerviks{HPV tipe 16 dan 18}.

6.Mengingat Riwayat Kanker di Keluarga

Pastikan anda mengetahui sejarah riwayat kanker di keluarga anda dan sebaiknya anda melakukan pemeriksaan rutin terhadap kanker tersebut.Apakah ada sejarah yang menunjukkan bahwa salah satu anggota keluarga anda pernah terjangkit kanker?

Hal ini bukan memastikan bahwa anda akan terjangkit dan mengalami hal yang sama,hanya ini bisa kita jadikan lampu kuning untuk lebih mendeteksi keberadaan kanker tersebut,dan untuk pencegahan lebih dini.Sama seperti yang telah dilakukan oleh salah seorang bintang dan aktor Angelina Jolie saat dia memutuskan untuk membuang payudaranya sebagai bentuk pencegahan awal dari kanker payudara.

7.Periksakan Helicobacter Pylori

Helicobacter merupakan bakteri yang ada di lambung dan usus bagian atas yang dapat menyebabkan kanker lambung.

Bakteri ini pada awalnya becokol di dalam lambung,dan kemudian bakteri tersebut akan membuat perlukaan {ulkus}di dinding lambung.

Perlukaan tersebut apabila tidak terdeteksi akan menjadi peradangan yang kemudian mencetuskan resiko terkena kanker,masalahnya peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri ini sangat samar dan sama persis dengan penyakit maag.

Bahkan sebagian besar di Amerika serikat maag ditemukan Helicobacter Pylori di lambung.Untuk memeriksa bakteri tersebut ada beberapa tes yang mudah dan akurat untuk dilakukan diantaranya adalah:

-Tes darah anti body
-Tes napas urea
-Tes antigen tinja
-Biopsi endoskopi

8.Diet Makanan 

Konsumsi lemak dalam diet sehari-hari harus 30 persen dari kalori yang anda konsumsi sehari-hari.
Lemak dapat meningkatkan kadar estrogen dan estrogen itu sendiri sangat berkaitan dengan resiko kanker.

Untuk mengurangi resiko kanker usus,anda harus mengkonsumsi 20-30 gram serat dalam sehari dan itu berarti anda harus mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 kali dalam sehari.{Klikdokter.com}.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar