Selasa, 30 Juni 2015

Tips Memilih Burung Sirtu/Cipoh Bakalan Ombyokan

Cara memilih burung sirtu bakalan berkualitas adalah langkah utama yang harus anda ketahui ketika memtuskan ingin memeliharanya, hal ini di karenakan bahwa spesies jenis burung ini banyak orang bilang gampang-gampang susah mengeluarkan bunyi merdunya dan mudah strees, burung sirtu dikenal dengan berbagai nama yang berbeda yaitu Cipoh dan Sirpu.

Di indonesia jenis burung ini mempunyai dua spesies meskipun sebenarnya ada 2 spesies lainya yang penyebarannya terdapat di luar indonesia, tetapi kali ini share info hanya akan membahas sirtu lokal atau dua spesies sirtu yang banyak di jumpai di negara indonesia khususnya di pulau jawa, bali dan lain sebaginya, dan berikut ini jenis burung cipow yang banyak di temukan di indonesia.
  • Sirtu Jantung: jenis burung sirtu ini biasanya banyak di jumpai pada pulau kalimantan dan sumatra, burung ini biasanya mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil bila di bandingkan dengan jenis sirtu yang satunya lagi.
  • Sirtu Kacat: penyebarannya lebih luas di bandingkan dengan jenis jantung, spesies ini banyak kita jumpai di berbagai wlayah indonesia diantaranya adalah sumatera, bali, kalimantan dan jawa dan soal postur tubuh, burung sirtu jenis ini mempunyai badan yang lebih besar di bandingkan dengan sirtu jatung dan biasanya penjual burung di pasaran yang sering kita jumpai adalah jenis burung sirtu ini.
Makanan Burung Sirtu. Cipoh, Sirpu di alam bebas, burung ini adalah salah satu dari ribuan jenis burung yang gemar memakan serangga seperti jangkrik, ulat kecil, kroto dan tidak suka dengan buah-buahan. jadi ketika anda memilih burung ini untuk di pelihara selain poor sebaiknya anda memberikan serangga agar stamina burung tetap terjaga.

Memilih Burung Sirtu Bakalan Bagus Dalam Ombyokan
Biasanya para penjual burung bakalan sirtu adalah denga cara ombyokan atau menempatkan banyak burung di dalam satu sangkar, tentunya hal ini tidak mudah apabila anda tidak memegang dan meneliti secara cermat ketika ingin membeli dan berikut ini tips memilihnya:
  • Pilih Sirtu Jantan: Hal ini biasanya di bedakan dengan ekornya, sirtu jantan mempunya ekor yang mengumpul tidak menyebar, selain itu warna pada sayap jatan biasanya memiliki warna hitam yang lebih tegas dan warna putih yang sedikit.
  • Pilih Sirtu Bakalan Muda dengan ciri-ciri berikut: Pilihlah burung sirtu dengan rongga mulut berwarna hitam tetapi warna lidah usahakan berwarna merah berbintik hitam, apa bila lidah sudah berwarna hitam itu menandakan bahwa burung sudah mempunyai usia dewasa dan tentunya akan sulit bunyi ketia di pelihara.
Selain pemilihan burung muda, rawatan tiap hari juga akan menentukan mental burung agar rajin bunyi setiap hari yang akan kami bahas pada postingan selanjutnya, sekian dulu share info dari kami tentang Tips Memilih Burung Sirtu/Cipoh Bakalan Ombyokan semoga bermanfaat untuk anda.Baca artikel selanjutnya tentang tips memilih burung sirtu/cipoh bakalan ombyokan di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar