Senin, 30 Maret 2015

Cara untuk merawat AC Service AC


http://oll-info.blogspot.com/2015/03/tips-dan-cara-untuk-merawat-ac-service.html
 AC merupakan salah satu perangkat peralatan elektronik rumah tangga yang berguna untuk menjaga kondisi udara yang ada di dalam sebuah ruangan akan tetap terjaga kesejukannya.Kebutuhan akan pendingin ruangan baru-baru ini semakin meningkat penjualannya,bahkan kebutuhan AC menjadi suatu kebutuhan pokok untuk sebagian orang.Berdasarkan survey kami di lapangan AC sudah bukan merupakan suatu barang yang istimewa lagi,bagi para pemakaian AC di kalangan masyarakat menengah keatas sudah suatu hal biasa saja.

Baiklah mari kita kupas tentang pengertian Air Conditioner yang banyak di gunakan oleh kalangan masyarakat kita.AC adalah mesin/alat yang di desain untuk menciptakan suatu suhu sehingga mencapai dingin yang dibutuhkan oleh suatu ruangan.AC menggunakan energi listrik sebagai sumber energi utama untuk menggerakkan kompresor,,ada beberapa model dan ukuran yang digunakan untuk sebuah AC,sesuai dengan ukuran suatu ruangan.AC membutuhkan  perawatan secara berkala dan pengecekan secara rutin,berikut ini kami akan memberikan sedikit tips dan cara untuk merawat AC yang dapat kita lakukan sendiri.

 *Cara-cara yang harus dilakukan untuk merawat AC adalah:

                            1.Perhatikan cara untuk membuka chasing pada indor AC.
                            2.Persiapkan peralatan untuk mencuci evapurator pada AC.
                            3.Dan tentunya persiapkan waktu yang luang.

 *Cara membuka penutup AC / cover pada indor AC:

-Buka sekrup /mur yang biasanya terdapat pada bagian depan AC,buka penutup saringan AC dan ambil saringan tersebut untuk dicuci terlebih dahulu.
-Perhatikan kancing yang tersembunyi di atas bagian AC,atas bagian dalam cover,dan buka cover tersebut.Biasanya untuk AC yang masih baru akan sedikit sulit untuk membuka chasingnya,lihat untuk bagian atas terdapat segel yang biasanya belum dilepas,segel itu hanya berbentuk seperti isolasi berwarna biru transparan.
-Persiapkan plastik sebagai tempat untuk menampung air kotor yang terbuang pada saat pencucian dilakukan.
-Persiapkan alat atau mesin untuk menyemprot evapurator.
-Untuk alat atau mesin steeam khusus untuk AC bisa anda beli di toko-toko teknik terdekat.
-Cuci evapurator AC sampai air yang terbuang terlihat jernih,bersihkan talang air pada AC dan jalur selang untuk pembuangan air,biasanya terletak pada sisi kanan bawah,tergantung dari pemasangan AC pada awalnya.
-Cuci cover AC agar terlihat bersih.
Setelah semua bagian AC terlihat bersih dari debu dan kotoran maka pasang kembali chasing/cover AC pada posisi semula,dan jangan lupa saringan udara harus terpasang pada posisi yang benar.Untuk tahap indor AC sudah selesai dan sekarang kita menuju ke outdor AC.

Untuk outdor AC juga harus kita bersihkan karena sangat berperan penting pada kinerja kompresor AC.
Outdor AC tidak perlu kita repot-repot untuk membuka covernya,cukup kita cuci dengan menyemprotkan air pada bagian kondensor AC,yaitu bagian dari outdor AC yang jika anda perhatikan akan seperti sarang tawon yang besar.cuci sampai airnya akan terlihat jernih,dan selesailah sudah untuk perawatan AC tersebut.
Khusus untuk pengecekan tekanan pada freon AC silahkan hubungi teknisi kepercayaan anda dan perhatikan ukuran tekanan Freon pada AC tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar